Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Cara Menyajikan Teks Buku Fiksi dalam Materi Bahasa Indonesia (Revisi)

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan artikel tentang bagaimana cara menyajikan teks buku fiksi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Semoga artikel yang admin bagikan kali ini dapat membantu peserta didik dalam mencari referensi tentang bagaimana cara mengidentifikasi sebuah teks buku fiksi. Nah, berikut adalah cara menyajikan teks buku fiksi.

1. Menentukan Tema dan Judul
Tema adalah pokok persoalan, permasalahan atau pokok pokok pembicaraan yang mendasari suatu karangan. Judul adalah kepala karangan. Tema mencakup lebih besar dan menyangkut pada persoalan yang diangkat, sedangkan judul lebih pada penjelasan awal (penunjuk singkat) isi karangan yang akan ditulis.

Tema sangat terpengaruh terhadap wawasan penulis. Semakin banyak penulis membiasakan membaca buku, semakin banyak aktivitas menulis akan memperlancar penulis memeroleh tema. Ketika tema sudah menjadi suatu bentuk karangan yang terarah dan sistematis. Salah satu caranya dengan menentukan judul karangan. Judul yang baik adalah judul yang dapat menyiratkan isi keseluruhan karangan.
 
Cara Menyajikan Teks Buku Fiksi dalam Materi Bahasa Indonesia (Revisi)
www.ilmubindo.com

2. Mengumpulkan Bahan
Perlu ada bahan yang menjadi bekal dalam menunjukkan eksistensi tulisan. Bagaiman ide dan motivasi dapat diperhatikan jika tidak ada hal yang menjadi bahan ide tersebut muncul. Perlu ada dasar bekal dalam melanjutkan penulisan.

3. Menyeleksi Bahan
Perlu dipilih bahan-bahan yang sesuai dengan tema pembahasan. Polanya melalui klarifikasi tingkat urgensi bahan yang telah dikumpulkan dengan teliti dan sistematis.

4. Membuat Kerangka 
Kerangka karangan yang menguraikan tiap topik atau masalah menjadi beberapa bahasan yang lebih fokos dan terukur.

Tahapan-tahapan dalam menyusun kerangka karangan:
  • Mengatur urutan gagasan.
  • Memeriksa kembali yang telah diatur dalam bab subbab.
  • Membuat kerangka yang terperinci dan lengkap.
Kerangka karangan yang baik adalah kerangka yang urut dan logis. Jika terdapat ide yang bersilangan, akan mempersulit proses pengembangan karangan.

5) Mengembangkan Kerangka Karangan
Proses pengembangan karangan tergantung sepenuhnya pada penguasaan kita terhadap materi yang hendak kita tulis. Untuk itu pengembangannya harus sistematis dan terarah. Alur pengembangan juga harus disusun teliti dan cermat.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang cara mengidentifikasi teks buku fiksi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menyajikan Teks Buku Fiksi dalam Materi Bahasa Indonesia (Revisi)