Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 Tahun 2019 (Tanggapan dan Kritik)

ilmubindo.com_ Pendapat dapat berupa tanggapan, kritik, dan sanggahan. Tanggapan adalah sambutan, komentar, atau penilaian. Logis berarti benar menurut penalaran atau masuk akal. Tanggapam positif adalah kritik atau saran yang diterima langsung oleh pancaindera yang bersifat nyata dan membangun.

Kritik merupakan ungkapan penilaian kejadian, peristiwa, dan lain-lain. Kritik yang bersifat membangun. Akan tetapi banyak juga yang bersifat negatif. Kritik negatif tidak berbeda  dengan celaan. Disamping itu, kritik yang membangun dapat dikatakan sebagai saran.

Perbedaan antara kritik dan dan saran terletak pada cara penyampaiannya. Kritik biasanya disampaikan dengan kata-kata, gaya, dan nada yang lebih tajam daripada saran. Kritik juga dapat disampaikan untuk memberi komentar pada isi ataupun gaya pidato, khotbah, atau ceramah. Kritik secara lisan dapat disampaikan baik secara langsung dalam suatu forum, misalnya forum tanya jawab setelah selesai menyampaikan orasi, maupun secara tidak langsung, misalnya dalam forum/kesempatan yang berbeda.

UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 Tahun 2019 (Tanggapan dan Kritik)
www.ilmubindo.com
 
Sanggahan adalah bantahan atau pendapat yang berbeda yang diungkapkan penyaji dalam diskusi.

Syarat kalimat sanggahan:
  • Logis, yaitu sesuai dengan permasalahan dan disertai dengan alasan yang tepat.
  • Tidak menyinggung perasaan orang lain.
Sanggahan dapat dilakukan baik dalam forum resmi maupun tidak resmi. Forum tersebut dapat terbentuk diskusi, debat, simposium, pelatihan, dan sebagainya. Sanggahan dapat dilakukan dengan cara yang sopan dan tepat sasaran. Hal ini penting mengingat pada umumnya sanggahan bernilai negatif sehingga dapat memancing emosi pihak yang disanggah.

Cara menentukan kalimat kritik:
Di dalam kalimat kritik biasanya ditemukan kata-kata seperti sebaiknya, seharusnya, lebih baik.

Soal dan Pembahasan

1. Banyak bank melakukan promosi untuk menarik nasabah, salah satunya adalah Bank Mandiri. Untuk menjaring nasabah, bank itu menawarkan berbagai macam produk disertai iming-iming hadiah langsung yang menarik. Alhasil, dalam pameran yang dilakukan di dua tempat, bank ini dapat menjaring 90 nasabah baru.
Kritik yang tepat terhadap bacaan tersebut adalah ....
A. Masyarakat sudah memiliki kesadaran untuk menabung.
B. Untuk menjaring nasabah, memang bank melakukan promosi.
C. Kalau tidak mengikuti pameran, bank kesulitan mendapat nasabah baru.
D. Pihak bank harus menjamin keamanan dana nasabah bukan hanya iming-iming.

Kunci Jawaban: D

Pembahasan >> Kritik adalah kecaman atau tanggapan, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan tentang baik atau buruknya suatu hasil, karya, pendapat, dan sebagainya.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal UNBK tahun 2019 mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 9 materi tanggapann dan kritik. Semoga contoh soal dan materi yang admin bagikan ini dapat bermanfaat buat peserta didik khususnya kelas 9 yang akan mengikuti ujian tahun ini. Selamat belajar, semoga sukses. Terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 Tahun 2019 (Tanggapan dan Kritik)