Kumpulan Bahan dan Perangkat Ajar Bahasa Indonesia SMP/MTs Kur. 13

Contoh Proses Pelaksanaan Diskusi yang Baik



ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan artikel tentang bagaimana proses pelaksanaan diskusi yang baik. Semoga artikel kali ini dapat membantu peserta didik dalam memahami proses diskusi yang baik. Pada dasarnya sebuah diskusi dilaksanakan dengan tata cara hampir sama. Sebuah diskusi dapat dilaksanakan jika ada masalah yang harus dibicarakan atau diselesaikan. Berikut admin akan menjelaskan proses pelaksanaan diskusi dengan baik.
  • Perkenalan dan ucapan selamat datang.
Dalam tahap perkenalan, pemimpin diskusi memperkenalkan diri dan mengungkapkan terima kasih karena para peserta diskusi memenuhi undangan untuk mengambil bagian dalam diskusi yang diadakan. Tahap ini dilakukan untuk memberikan penghargaan kepada peserta dan menghormati peserta diskusi. Pemimpin diskusi harus mengucapkan kata-kata secukupnya dan bersikap sopan.
  • Pengantar ke dalam diskusi, pembatasan masalah, dan rumusan tujuan atau sasaran diskusi.
Pemimpin diskusi menyampaikan tujuan diskusi kepada peserta, misalnya diskusi dimaksudkan untuk bertukar pikiran dan membagi informasi atau mempertimbangkan usul dan saran untuk mengambil keputusan. Selain itu, pemimpin diskusi menjelaskan secara garis besar pokok-pokok permasalahan yang akan didiskusikan.
Contoh Proses Pelaksanaan Diskusi yang Baik
 www.ilmubindo.com
  • Menciptakan situasi saling percaya.
Untuk menciptakan rasa percaya diri peserta, pemimpin diskusi menjelaskan bahwa semua peserta memiliki hak sama dalam berpendapat. Selain itu, semua peserta memiliki kedudukan sama, yaitu sebagai peserta diskusi.
  • Penjelasan mengenai jalannya diskusi.
Penyampaian jalannya diskusi hanya dilakukan jika dianggap perlu. Dalam penjelasan ini perlu ditegaskan tentang disiplin waktu agar diskusi dapat berjalan lancar.
  • Diskusi
Pelaksanaan diskusi dan teknik memimpin diskusi menentukan kebenaran diskusi. Penentu keberhasilan diskusi ini adalah pemimpin diskusi.
  • Rangkuman
Pada akhir diskusi dirumuskan secara jelas semua unsur-unsur penting. Rangkuman dapat berupa keputusan-keputusan yang disetujui, anjuran, atau jalan keluar permasalahan dan penerapannya.
  • Penutup
Sebelum diskusi ditutup secara resmi, pemimpin menyampaikan syukur dan terima kasih kepada peserta diskusi, terutama atas kerja sama dan sumbangan pikiran selama proses diskusi.

Demikianlah yang dapat admin bagikan, semoga artikel kali ini bermanfaat. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Proses Pelaksanaan Diskusi yang Baik

About / Sitemap / Contact / Privacy / Disclaimer Speed Up Template