Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Langkah-Langkah Mengidentifikasi Informasi Teks Pidato Persuasif 2019



ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan artikel tentang langkah-langkah mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks pidato persuasif. Semoga materi yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari bahan tugas teks pidato tentang langkah-langkah mengidentifikasi informasi dalam teks pidato bahasa Indonesia kelas IX tahun 2019. Dan harapannya artikel yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah.

Langkah-Langkah Mengidentifikasi Informasi Teks Pidato Persuasif 2019
www.ilmubindo.com

Langkah-langkah dalam mengidentifikasi teks pidato persuasif adalah sebagai berikut.
1. menuliskan pengertian teks pidato persuasif
2. menuliskan jenis-jenis pidato persuasif
3. menuliskan metode dalam teks pidato persuasif 
4. menuliskan dan menjelaskan tujuan seseorang berpidato

Untuk lebih jelasnya, silakan kalian simak pengertian, jenis, metode, dan tujuan seseorang berpidato di bawah ini saksama.

Teks pidato persuasif adalah kegiatan berbicara di depan orang banyak. Seseorang berpidato untuk menyampaikan gagasan, ide, ataupun pendapatnya di depan orang lain secara lisan. atau berpidato adalah menyampaikan suatu hal di depan banyak orang atau di depan umum.

Jenis-jenis pidato
1. Pidato Pemerintahan
Pidato pemerintahan adalah pidato yang berasal dari pemerintah untuk rakyat. Pidato ini berisi informasi resmi menyangkut kebijakan pemerintah. Bentuknya berupa pengumuman, penjelasan, imbauan, dan pesan pemerintah. Pidato ini harus jelas, tepat, dan pasti karena jika ada kesalahan akan berakibat fatal.

2. Pidato Sambutan
Pidato sambutan adalah jenis pidato yang dapat disampaikan secara tertulis atau lisan. Sambutan biasa disampaikan oleh orang-orang tertentu karena jabatan atau kedudukannya. 

3. Pidato Instansi
Pidato instansi adalah pidato yang bersifat memberi penerangan, penjelasan, dan pendidikan. Pidato ini disampaikan melalui berbagai media massa. Contoh dari pidato ini adalah contoh pidato instansi kesehatan dan pidato pendidikan.

4. Pidato Ceramah
Pidato ceramah adalah jenis pidato untuk menjelaskan sesuatu di hadapan pendengar. Masalah yang disampaikan dalam pidato ceramah bersifat umum. Contoh ceramah keagamaan, kesehatan, dan politik.

Metode Pidato
Berdasarkan metodenya, pidato dapat dibagi menjadi empat bagian. Untuk lebih jelasnya silakan kalian simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pidato Manuskrip (berpidato dengan menggunakan teks/naskah)
seseorang yang berpidato menggunakan metode ini adalah membawa naskah. Naskah tersebut dibaca seutuhnya. Jenis pidato menggunakan metode ini adalah para pejabat dalam acara resmi. Contoh pidato ini adalah pidato yang dibacakan oleh Presiden pada acara kenegaraan, misalnya dalam pidato ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

2. Pidato Memoriter (berpidato dengan menghafal)
Seseorang yang berpidato dengan cara menghafal menuliskan pidatonya terlebih dahulu. Kemudian, tulisan pidato tersebut dihafalkan kata sampai kalimatnya sesuai dengan catatan. Contoh pidato memoriter adalah pidato dari suatu perusahaan pada acara peluncuran produk baru.

3. Pidato Ekstemporan
Pembicara pada pidato ekstemporan membawa catatan kecil. Catatan tersebut digunakan sebagai penginga urutan isi yang akan disampaikan. Catatan tersebut berisi garis besar dari isi pidato. Contoh pidato ekstemporan adalah pidato pada saat memperkenalkan produk kepada khalayak.

4. Pidato Impromptu (pidato dadakan/tak terduga)
Pidato impromptu digunakan pada acara tidak resmi dan bersifat dadakan. Pembicara ditunjuk secara mendadak dan merupakan sosok yang dianggap paling tepat dalam memberikan sepatah atau dua patah kata dalam suatu acara tanpa ada persiapan khusus. Contoh pidato impromptu adalah pidato ulang tahun dan syukuran.

Tujuan Berpidato
Tujuan berpidato adalah sebagai berikut.
1. memberikan informasi kepada pendengar
2. menyakinkan pendengar
3. menghibur pendengar
4. menggerakkan pendengar

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang bagaimana mengidentifikasi teks pidato persuasif dalam bahasa Indonesia kelas IX. Semoga artikel yang admin bagikan kali ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik di sekolah khususnya dalam memahami lebih dalam tentang langkah-langkah mengidentifikasi teks pidato. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Langkah-Langkah Mengidentifikasi Informasi Teks Pidato Persuasif 2019

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /