Metode Teks Pidato Persuasif Lengkap dengan Contoh Teks Pidato 2019

ilmubindo.com_ Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang metode dalam teks pidato persuasif. Semoga materi kali ini dapat membantu anak didik khususnya kelas IX dalam mencari referensi metode yang sering digunakan dalam teks pidato persuasif. Dan harapannya materi tentang teks pidato yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik di sekolah khsusnya materi teks pidato persuasif. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Metode Teks Pidato Persuasif Lengkap dengan Contoh Teks Pidato 2019
www.ilmubindo.com

Berdasarkan metodenya, pidato dapat dibagi menjadi empat bagian. Untuk lebih jelasnya silakan kalian simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pidato Manuskrip (berpidato dengan menggunakan teks/naskah)
seseorang yang berpidato menggunakan metode ini adalah membawa naskah. Naskah tersebut dibaca seutuhnya. Jenis pidato menggunakan metode ini adalah para pejabat dalam acara resmi. Contoh pidato ini adalah pidato yang dibacakan oleh Presiden pada acara kenegaraan, misalnya dalam pidato ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

2. Pidato Memoriter (berpidato dengan menghafal)
Seseorang yang berpidato dengan cara menghafal menuliskan pidatonya terlebih dahulu. Kemudian, tulisan pidato tersebut dihafalkan kata sampai kalimatnya sesuai dengan catatan. Contoh pidato memoriter adalah pidato dari suatu perusahaan pada acara peluncuran produk baru.

3. Pidato Ekstemporan
Pembicara pada pidato ekstemporan membawa catatan kecil. Catatan tersebut digunakan sebagai penginga urutan isi yang akan disampaikan. Catatan tersebut berisi garis besar dari isi pidato. Contoh pidato ekstemporan adalah pidato pada saat memperkenalkan produk kepada khalayak.

4. Pidato Impromptu (pidato dadakan/tak terduga)
Pidato impromptu digunakan pada acara tidak resmi dan bersifat dadakan. Pembicara ditunjuk secara mendadak dan merupakan sosok yang dianggap paling tepat dalam memberikan sepatah atau dua patah kata dalam suatu acara tanpa ada persiapan khusus. Contoh pidato impromptu adalah pidato ulang tahun dan syukuran.

Contoh Teks Pidato Persuasif

Pentingnya Menjaga Kesehatan

 Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua,

Pertama-tama marilah kita panjatkan syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT, karena telah memberikan rahmatnya, sehingga kita bisa berkumpul pada kesempatan ini dalam keadaan sehat wal afiyah.

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato singkat tentang "Pentingnya menjaga kesehatan untuk menyongsong masa depan yang lebih baik".

Perlu kita sadari bahwa kesehatan itu harganya memang sangat mahal. Bayangkan saja jika Anda tiba-tiba terserang penyakit jantung, coba Anda bayangkan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengobati penyakit tersebut, pastinya akan sangat mahal.

Maka dari itu, menjaga kesehatan adalah hal yang sangat penting. Jika kesehatan kita terjaga dengan baik, sehingga dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan lancar dan bisa meraih prestasi yang lebih banyak di masa depan.

Dinamakan bangsa yang kuat jika bangsa tersebut memunyai rakyat yang sehat di dalamnya. Jika rakyat sehat, maka sebuah negara akan menjadi kuat dan sebaliknya. Nah, sebagai pelajar kita bisa menjaga kesehatan dari hal yang sederhana, seperti bangun tepat waktu, kemudian mandi dan sarapan yang bergizi.

Sebelum berangkat sekolah, jangan terlalu banyak makan pagi agar di sekolah kita tidak terasa mengantuk. Setelah itu, jika ada pelajaran olahraga, antuasiaslah dalam mengikuti semua kegiatannya dengan baik, karena secara tidak langsung kamu sudah mencoba menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga selama seminggu sekali. Ketika istirahat, Anda juga diharuskan mengonsumsi makanan atau jajanan yang bersih dan sehat. Makanan yang sehat dan bersih bersih bisa kita lihat dari kemasannya.

Masih banyak lagi hal-hal yang dapat Anda kerjakan agar tubuh kita bisa terjaga kesehatannya. Yang paling penting adalah kita selalu peduli untuk menjaga kesehatan tubuh diri sendiri dan tentunya juga keluarga terdekat.

Agar kesehatan kita tetap terjaga karena lingkungan yang kumuh merupakan sumber daripada penyakit, maka jagalah kebersihan lingkungan di sekitar kita dalam kondisi yang baik. Maka dari itu, mulai saat ini marilah kita sama-sama menjaga kesehatan tubuh kita. Tanpa harus menunggu hingga esok hari. Mulailah hidup sehat dengan mudah yaitu dengan menjaga pola hidup sehat dan teratur agar kesehatan kita tetap terjaga.

Demikianlah pidato singkat tentang kesehatan yang bisa saya sampaikan. Jika ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Wasslamualaikum Wr. Wb.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang metode teks pidato persuasif. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik dalam memahami lebih dalam tentang teks pidato. Semoga bermanfaat dan terima kasih.