Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Soal Menentukan Ide Pokok | Kunci Jawaban dan Pembahasan (USBN 2019/2020)



Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 tahun ajaran 2019/2020 lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami contoh soal tentang menentukan ide pokok dalam sebuah paragraf. Dan harapannya dengan adanya contoh soal ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami soal-soal menentukan ide pokok.


Contoh Soal Menentukan Ide Pokok | Kunci Jawaban dan Pembahasan (USBN 2019/2020)
www.ilmubindo.com

A. Pengertian Ide Pokok

Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok ini terdapat dalam kalimat utama. Ide pokok sama dengan gagasan utama. Dalam satu paragraf hanya terdapat satu ide pokok.

Kalimat utama adalah kalimat yang dalamnya terdapat ide pokok paragraf. Kalimat utama ini dijelaskan oleh kalimat-kalimat lain dalam paragraf tersebut, yang disebut dengan kalimat penjelas. Nama lain dari kalimat utama adalah kalimat topik. Kalimat penjelas yaitu kalimat yang menjelaskan kalimat utama.

B. Fungsi Ide Pokok

Fungsi ide pokok adalah memberikan penjelasan dari inti suatu bacaan atau paragraf tersebut. Dan menjelaskan inti dari suatu paragraf. Dengan mengidentifikasi ide pokok, kita dapat mengetahui ide utama dari paragraf tersebut.

C. Ciri-Ciri Ide Pokok

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri ide pokok dalam USBN bahasa Indonesia. Adapun beberapa ciri-ciri ide pokok tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Inti dari sebuah paragraf atau pusat pembahasan.
  2. Ada yang mendukung, baik itu berupa penjelasan atau alasan yang menguatkannya.
  3. Memiliki kalimat pendukung (kalimat pengembang) atau penjelasan.
D. Contoh Soal Ide Pokok

Di bawah ini adalah contoh ide pokok dalam soal USBN mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Adapun contoh soal tersebut adalah sebagai berikut.

1. Bacalah paragraf berikut!
Tumbuhan dikotil adalah tumbuhan berbiji berkeping dua. Tumbuhan dikotil memiliki sepasang daun lembaga yang sudah berbentuk sejak dalam sesi biji. Tumbuhan dikotil memiliki beberapa jenis khusus. Tumbuhan jenis ini memiliki bentuk akar tunggang. Pola tulang daun pada tanaman dikotil menyirip atau menjari. Tanaman dikotil tidak mempunyai tudung akar. Selain itu, batang pada tanaman dikotil bercabang-cabang.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. beberapa ciri khusus tanaman dikotil
B. bentuk daun pada tanaman dikotil
C. bentuk biji pada tanaman dikotil
D. macam-macam tanaman dikotil

Jawaban: A
Gagasan pokok pada paragraf tersebut adalah beberapa ciri khusus tanaman dikotil. Gagagasan pokok tersebut menjadi dasar pengembangan paragraf.

2. Bacalah paragraf berikut!
Secara umum berdasarkan cara atau proses pengolahannya, teh dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu teh hijau, teh oolong, dan teh hitam. Teh hijau dibuat dengan cara menginaktivasi enzim oksidase atau fenolase yang ada dalam pucuk daun teh segar dengan cara pemanasan atau penguapan menggunakan uap panas sehingga oksidasi enzimmatik terhadap katekin dapat dicegah. Teh hitam dibuat dengan cara memanfaatkan terjadinya oksidasi enimatis terhadap kandungan katekin teh. Teh oolong dihasilkan melalui proses pemanasan yang dilakukan segera setelah proses penggulungan daun, dengan tujuan untuk menghentikan proses fermentasi. Oleh karena itu, teh oolong disebut sebagai teh semi fermentasi yang memiliki karakteristik khusus dibandingkan teh hitam dan teh hijau.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. klasifikasi jenis teh berdasarkan cara atau proses pengolahannya
B. cara menginaktivasi enzim oksidase atau fenolase dalam teh hijau
C. proses pengolahan pucuk daun teh menjadi teh oolong
D. teh oolong disebut sebagai teh semi fermentasi

Jawaban: A
Paragraf tersebut membahas jenis teh berdasarkan cara atau proses pengolahannya dibagi menjadi teh hijau, teh oolong, dan teh hitam. Gagasan utama dalam paragraf tersebut adalah klasifikasi jenis teh berdasarkan cara atau proses pengolahannya. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban A.

3. Cermati paragraf berikut!
1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa teh hijau mampu mencegah dan mengobati penyakit ginjal. 2) Hasil ini tentu saja erat hubungannya dengan senyawa katekin yang dikandungnya. 3) Katekin teh hijau mempunyai kemampuan yang dapat diandalkan untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit ginjal. 4) Meskipun semua komponen katekin yang digunakan dalam percobaan mempunyai kemampuan menyembuhkan penyakit ginjal, katekin dalam bentuk EGCG adalah yang paling dominan dan berkhasiat.

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai kalimat berangka ....
A. 1)
B) 2)
C) 3)
D) 4)

Jawaban: A
Gagasan pokok dalam paragraf tersebut terdapat di awal paragraf. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat pertama. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban A. Pilihan jawaban B, C, dan D merupakan kalimat penjelas dalam paragraf tersebut.

4. Bacalah kutipan teks laporan berikut!
Kanker merupakan penyakit yang disebabkan pertumbuhan sel jaringan tubuh yang tidak normal dan terus membelah diri dengan cepat dan tidak terkendali. Penyakit ini merupakan pembunuh terbesar pertama di dunia. Kini, jumlah peyakit kanker bertambah hingga 6,25 juta orang. Selanjutnya diperkirakan 9 juta orang meninggal karena kanker dalam waktu 10 tahun mendatang dan bagi negara-negara yang berkembang, kemungkinan terkena kanker akan lebih besar lagi karena mayoritas penderita kanker berada di negara berkembang.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. Penyakit kanker merupakan pembunuh terbesar di dunia
B. Penyakit kanker disebabkan jaringan tubuh tidak normal dan tidak terkendali
C. Penyakit kanker banyak di derita di negara yang sedang berkembang
D. Jumlah penyakit kanker mencapai 6,25 juta orang di dunia

Jawaban: B
Ide pokok selalu terletak di dalam kalimat utama. Dalam paragraf tersebut, kalimat utama terletak di awal paragraf. Dengan demikian, ide pokoknya adalah penyakit kanker disebabkan jaringan tubuh tidak normal dan tidak terkendali.

5. Bacalah kutipan teks eksposisi berikut!
1) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengembangkan satu aplikasi khusus untuk menerima pendaftaran siswa SMA dan SMK. 2) Peluncuran aplikasi tersebut untuk mempermudah siswa SMP masuk ke jenjang SMA atau SMK secara online. 3) Aplikasi ini secara resmi diluncurkan pada Rabu (7/6/2017) malam oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. 4) Aplikasi ini dikelola pemerintan provinsi karena kewenangan mengelola SMK telah berpindah ke tingkat Provinsi.

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Jawaban: A
Kalimat nomor 1) merupakan kalimat utama karena kalimat nomor 2), 3), dan 4) berupa bukti yang menjelaskan kalimat nomor 1).

6. Bacalah kutipan teks ulasan berikut!
Perempuan yang cerdas adalah seseorang yang dengan kecerdasannyaakan semakin menambah keimanannya. Perempuan cerdas itu tidak diukur dari seberapa tinggi nilainya. Tetapi bagaimana ia mampu menyelesaikan seluruh permasalahan dalam kehidupannya dengan satu tolak ukur tertentu yang bertanggung jawab.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. Perempuan yang cerdas selalu diukur dengan seberapa tinggi nilainya
B. Perempuan yang cerdas adalah perempuan yang menyesaikan permasalahan
C. Perempuan yang cerdas adalah perempuan yang bertanggung jawab dalam hidup
D. Perempuan yang cerdas adalah perempuan yang menambah keimanannya

Jawaban: D
Gagasan utama terdapat dalam kalimat utama. Kalimat utama berisi pernyataan umum yang menggambarkan keseluruhan paragraf. Kalimat utama paragraf tersebut terletak di awal paragraf. Perempuan yang cerdas adalah perempuan yang dapat menambah keimanannya.

7. Bacalah kutipan teks biografi berikut!
1) Dalam peringatan ulang tahunnya yang ke-80 di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Jakob Oetama meluncurkan buku berjudul "Syukur Tiada Akhir". 2) Buku ini berisi tentang kisah hidup Jakob yang menyampaikan pesan pergulatan tentang pekerjaan wartawan dan kehidupan pribadinya. 3) ST Sularto, penulis buku ini, mengaku awalnya diminta untuk menuliskan memoar dan bukan autobiografi pada bulam Mei lalu. 4) Dia pun memulainya dengan mengumpulkan bahan tertulis dan mengunjungi sejumlah tempat yang menjadi saksi kehidupan seorang Jakob, termasuk pusara Romo Sanjaya di Muntilan, yang menurut Sularto, menjadi salah satu tempat impian Jakob untuk dikunjungi saat ini.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah ....
A. 4)
B. 3)
C. 2)
D. 1)

Jawaban: D
Kalimat pertama paragraf tersebut menjadi kalimat utama karena kalimat-kalimat berikutnya merupakan pemerincian dari inti kalimat pertama. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

8. Bacalah kutipan teks prosedur berikut!
1) Hampir tak ada yang sanggup menolak rasa cokelat yang lezat. 2) Selain rasanya, cokelat juga bermanfaat bagi kesehatan. 3) Cokelat berfungsi sebagai antioksidan dan jika dimakan dalam jumlah normal secara teratur dapat menurunkan tekanan darah. 4) Terlebih jika cokelat itu dijadikan es krim. 5) Dingin, manis cokelat, dan creamy berpadu dengan taburan kacang menambah cita rasa.

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Jawaban: A
Kalimat nomor 1 merupakan kalimat utama karena kalimat nomor 2, 3 dan 4 berupa bukti yang menjelaskan kalimat nomor 1.

9. Bacalah kutipan teks tanggapan berikut!
Pendidikan karakter itu adalah pendidikan rumahan. Pusatnya ada pada orang tua yang menjadi teladan. Orang tua yang berkarakter, menjadi dirinya sendiri secara autentik, dan itu menjadi teladan bagi anak-anaknya. Dalam hal sekolah, guru-guru yang berkarakter, autentik, menjadi contoh bagi murid-muridnya. Pendidikan karakter jadi terdengar rumit, karena kita biasa hidup tanpa karakter. Orang tua dan guru tidak menjadi contoh bagi anak-anak.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. Pendidikan karakter terdapat pada pendidikan rumah
B. Pendidikan karakter terdapat pada pendidikan orang tua
C. Pendidikan karakter anak diberikan di sekolah
D. Pendidikan karakter berpusat pada orang tua dan guru

Jawaban: A
Kalimat utama paragraf tersebut menjadi kalimat utama karena kalimat-kalimat berikutnya merupakan pemerincian dari inti kalimat pertama. Dengan demikian, ide pokok paragraf tersebut adalah inti isi kalimat pertama. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 indikator soal menentukan ide pokok dalam sebuah teks lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik dalam menjawab soal-soal yang diujikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

BUKA SOAL


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Menentukan Ide Pokok | Kunci Jawaban dan Pembahasan (USBN 2019/2020)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /