Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Soal Menentukan Makna Kata/Istilah pada Teks Nonsastra | USBN SMP/MTs 2019/2020


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang materi, soal. kunci jawaban, dan pembahasan soal USBN bahasa Indonesia. Adapun indikator soal kali ini adalah anak didik mampu menentukan makna/istilah pada teks nonsastra. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi soal-soal terbaru seputar USBN bahasa Indonesia. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak baik bagi kemajuan dan perkembangan belajar anak didik dalam memahami materi, soal. kunci jawaban, dan pembahasan soal USBN bahasa Indonesia.

Contoh Soal Menentukan Makna Kata/Istilah pada Teks Nonsastra | USBN SMP/MTs 2019/2020
www.ilmubindo.com

A. Materi USBN 2019/2020

Teks atau bacaan mengandung makna dan informasi. Tujuan membaca adalah menemukan makna dan informasi tersebut. Proses menemukan makna dan informasi dalam teks bergantung pada jenis bacaannya. Makna adalah arti atau pengertian yang diberikan terkait suatu bentuk kebahasaan. Makna atau arti dapat ditemukan di dalam kamus. Kamus yang lazim digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Linguitik, dan Kamus Istilah Sastra. Untuk menemukan makna kata, diperlukan proses membaca memidai.

Kata merupakan satuan bahasa terkecil yang memiliki dua unsur, yaitu unsur bentuk dan isi. Unsur bentuk adalah wujud yang dapat ditangkap pancaindra. Unsur isi atau makna adalah wujud yang dapat dipahami oleh pikiran karena dirangsang oleh unsur bentuk. Misalnya, kata mobil adalah unsur bentuk karena dapat ditangkap oleh indera penglihatan. Unsur isi atau makna kata mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih, biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Pengertian mobil dari segi bentuk dan isi tersebut yang sesuai dengan kesepakatan pemakai bahasa disebut juga makna leksikal, artinya makna kata sesuai dengan makna kamus.

Selain makna kata, kalian dapat menentukan makna kalimat dalam teks atau bacaan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kalimat adalah satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, mempunyai pola intonasi final, dan secara aktual ataupun potensial terdiri atas klausa. Makna kalimat dalam teks dapat ditentukan berdasarkan konteks dalam teks tersebut. Sebagai contoh, sebuah teks prosedur atau tanggapan deskriptif terdiri atas beberapa kalimat. Kalimat satu dengan kalimat lainnya harus memiliki satu kesatuan ide. Antarkalimat tersebut harus saling berhubungan atau koherensi. Cara menemukan makna kalimat dalam teks dengan mencari kalimat yang mirip dengan kalimat tersebut. Makna kalimat tersebut masih dalam satu kesatuan ide.

B. Soal USBN 2019/2020

1. Bacalah paragraf berikut!
Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan Gunung Merapi berstatus level II atau waspada. Gunung Merapi mengeluarkan guguran lava pijar ke arah hulu Kali Gendol. BPPTKG menambahkan jarak luncur guguran maksimal 300 meter terjadi pada pukul 19.05 WIB. Intensitas guguran rendah dengan potensi material yang kecil sehingga belum membahayakan penduduk.
Makna kata yang tercetak miring dalam teks tersebut adalah ....
A. Kaitan
B. Tingkat
C. Tataran
D. Jumlah

Jawaban: B
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, makna kata intensitas adalah keadaan tingkatan atau ukuran intensnya. Makna kata intensitas dalam teks tersebut adalah tingkat. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban B.

2. Bacalah teks berikut!
Sebanyak sepuluh pelaku usaha kecil menengah di bidang kuliner menerima penghargaan dalam rangka UKM Pangan Award 2012. Penghargaan diberikan oleh wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurti, di Kantor Kementerian Perdagangan. Pemberian penghargaan tersebut dilakukan pada hari Rabu, 3 Oktober 2012. Kesepuluh penerima penghargaan ini berhasil menyisihkan 82 peserta dari 20 provinsi di Indonesia lainnya.
Makna kata kuliner dalam teks tersebut adalah ....
A. Bagian hidup yang erat kaitannya dengan kegiatan mengonsumsi makanan
B. Bagian hidup yang erat kaitannya dengan kegiatan jalan-jalan
C. Bagian hidup yang erat kaitannya dengan kegiatan pariwisata
D. Bagian hidup yang erat kaitannya dengan kegiatan perdagangan

Jawaban: A
Kata kuliner merupakan kata baru dalam istilah bahasa Indonesia. Kata tersebut merupakan serapan dari bahasa Inggris culinary yang artinya berhubungan dengan dapur atau masakan. Istilah tersebut selain di kamus dapat kalian ditemukan di website atau internet. Arti kata tersebut menurut beberapa sumber dalam internet adalah bagian hidup yang erat kaitannya dengan kegiatan mengonsumsi makanan. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah A.

3. Bacalah paragraf berikut!
Sebentar lagi musim penghujan akan segera tiba. Sejumlah persiapan pun dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengantisipasi masalah banjir yanng kerap menjadi langganan kala musim penghujan datang. Selain melakukan normalisasi waduk, Pemprov DKI Jakarta mulai melakukan simulasi terkait penyaluran logistik kepada warga saat banjir. Pemprov DKI Jakarta mempelajari berdasarkan hasil evaluasi musibah banjir yang terjadi pada awal tahun sebelumnya.
Makna kata simulasi dalam paragraf tersebut adalah ....
A. mencoba
B. menghitung
C. memeragakan 
D. mengantisipasi

Jawaban: C
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata simulasi mengandung makna memeragakan sesuatu dalam bentuk tiruan. Jadi, jawaban yang sesuai terdapat pada pilihan jawaban C. Pilihan jawaban A, B, dan D tidak tepat karena tidak sesuai arti dalam kamus.

4. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Maria adalah penyakit yang menyebar melalui gigitan nyamuk yang sudah terinfeksi parasit. Infeksi malaria bisa terjadi hanya dengan satu gigitan nyamuk. Penularan penyakit ini bisa terjadi dengan sangat cepat. Jika tidak ditangani dengan benar, penyakit ini bisa menyebabkan kematian.
Makna kata tercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....
A. penularan suatu penyakit 
B. penderita suatu penyakit
C. penyebaran suatu penyakit
D. perkembangan suatu penyakit

Jawaban: A
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, infeksi bermakna kemasukan bibit penyakit, ketularan penyakit, atau peradangan. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban A.

5. Bacalah paragraf berikut!
Wakil Presiden Jusuf Kalla kecewa hasil sementara kontigen Indonesia dalam SEA Games XXIX/2017 tidak sesuai target. Hingga Selasa, 29 Agustus 2017, pukul 15.24 WIB, Kontigen Merah Putih meraih total 170 medali dengan rincian 36 emas, 60 perak, dan 74 perunggu. Hasil itu membuat Indonesia bertengger di urutan kelima dalam peringkat perolehan medali. Indonesia masih berada di bawah tuan rumah Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Singapura. Raihan sementara itu masih dibawah target yakni 55 emas.
Makna kata yang tercetak miring dalam teks tersebut adalah ....
A. juara
B. urutan
C. rombongan
D. kemenangan

Jawaban: C
Makna kata kontingen dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah rombongan (olahragawan, pramuka, atau pasukan militer) yang dikirim untuk bergabung dengan kelompok yang lebih besar. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban C.

6. Bacalah paragraf berikut!
Penyerahan 7.500 sertifikat lahan kepada warga oleh Presiden Jokowi di Jakarta pada Minggu, tanggal 20 Agustus 2017, menandai dimulainya reformasi agraria. Mereka yang bekerja di sektor pertanian diupayakan memiliki lahan. Agar setiap petani memiliki lahan minimal 2 ha, Indonesia harus memiliki 52 juta ha karena saat ini terdapat 26 juga keluarga petani. Lahan pertanian saat ini hanya sekira 40 juta. Reformasi agraria tidak hanya dimaksudkan untuk menjaga stok pangan, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan petani.
Kalimat yang bercetak miring tersebut memiliki makna ....
A. Setiap petani harus memiliki lahan sendiri sebelum bercocok tanam
B. Orang-orang yang bekerja di sektor pertanian akan dibantu untuk memiliki lahan
C. Setiap petani yang mempunyai lahan akan dibantu Pemerintah
D. Orang-orang yang memiliki lahan pertanian akan dibantu untuk memperluas lahannya

Jawaban: B
Maksud kalimat dapat dipahami berdasarkan kunci yang terdapat dalam kalimat. Kata kunci dalam kalimat yang bercetak miring tersebut adalah pertanian dan lahan. Jadi, maksud kalimat yang sesuai terdapat pada pilihan jawaban B.

7. Bacalah kutipan teks berikut!
Bagiku sendiri, Bumi boleh dibilang debut fiksi fantasi yang cukup ambisius dan menghibur. Ambisius karena faktanya Bumi adalah buku pertama dari tetralogi fantasi yang konon telah disiapkan Tere Liye.
Makna kata ambisius yang tepat pada kutipan teks ulasan tersebut adalah ....
A. suatu harapan yang ingin di dapatkan
B. berkeinginan keras mencapai sesuatu
C. usaha yang menghalalkan segala cara
D. tujuan yang harus dicapai

Jawaban: B
Makna kata ambisius yang sesuai dengan teks tersebut adalah berkeinginan keras untuk mencapai sesuatu.

8. Bacalah kutipan teks berikut!
Ketika membangun atau merenovasi rumah, selain tata ruang, bentuk dapur, kamar mandi, desain kamar tidur, furnitur, dan material yang digunakan, harus diperhatikan hal kecil seperti bentuk atap atau desain keramik lantai.
Makna kata desain yang tepat pada kutipan teks prosedur tersebut adalah ....
A. proses untuk membuat dan menciptakan objek baru
B. seni motif untuk menghasilkan karya yang berbeda
C. gambaran objek untuk menciptakan seni baru
D. suatu proses seni dalam menciptakan objek yang lain

Jawaban: A
Makna kata desain yang paling tepat untuk kutipan teks tersebut adalah pada jawaban A.

9. Bacalah paragraf berikut!
Sampah saat ini menjadi salah satu permasalahan kota yang mendesak untuk ditangani. Jika tidak bijak mengelolanya, sampah dapat menimbulkan konflik baik antarwarga maupun antarpemangku kepentingan. Konflik tersebut terjadi beberapa waktu lalu. Masalah pengelolaan sampah kota menimbulkan polemik antara Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama, dengan DPRD Kota Bekasi terkait TPST Bantargebang.

Kalimat bercetak  miring tersebut memiliki makna ....
A. Pengelolaan sampah yang tidak bijak dapat menimbulkan konflik antarwarga dan pemangku kepentingan
B. Pengelolaan sampah dapat menimbulkan ketegangan baik ditingkat warga maupun antarpemangku kepentingan
C. Warga dan pemangku kepentingan diharapkan bersikap bijaksana dalam mengelola sampah
D. Pihak yang berkewajiban mengelola sampah yaitu warga dan pemangku kepentingan

Jawaban: A
Kata kunci dalam kalimat bercetak miring tersebut adalah tidak bijak dan konflik. Oleh karena itu, makna tepat sesuai kalimat.

10. Bacalah paragraf berikut!
Meskipun harus menunggu hingga menit akhir pertandingan, Borneo FC akhirnya sukses mengalahkan Persela Lamongan dengan skor tipis 3-2. Pertandingan tersebut telah di gelar di Stadion Segiri, Samarinda. Kemenangan Borneo FC ditentukan dua gol Matias Conti di menit ke-21, eksekusi penaltidi masa injury time, serta tendangan Titus Bonai pada menit ke-63. Sementara itu, gol balasan Persela dicetak Loris Arnaud pada menit ke-19 dan Arif Satria di menit ke-88. Dejan mengaku kemenangan yang diraih anak didiknya atas Persela tidak mudah. Terlebih, mereka sempat tertinggal lebih dahulu seusai Loris mencatatkan namanya di papan skor.
Kalimat yang bercetak miring tersebut memiliki makna ....
A. Pertandingan dilakukan oleh Borneo FC dan Persela Lamongan sampai babak terakhir
B. Hingga menit akhir pertandingan, Borneo FC menang atas Persela Lamongan dengan skor tipis 3-2
C. Borneo FC dapat mengalahkan Persela Lamongan dengan skor 3-2 pada menit akhir pertandingan
D. Borneo FC dan Persela Lamongan melakukan pertandingan hingga selesai dan mendapat skor yang tipis

Jawaban: C
Maksud kalimat dapat dipahami berdasarkan kata kunci yang terdapat dalam kalimat. Kata kunci dalam kalimat bercetak miring tersebut adalah mengalahkan dan akhir pertandingan. Jadi, maksud kalimat yang sesuai dengan kalimat bercetak miring dalam paragraf tersebut terdapat pada pilihan jawaban C.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang materi, soal. kunci jawaban, dan pembahasan soal USBN bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan  membantu anak didik dalam mengerjakan soal-soal USBN yang diujikan. Selamat belajar dan semoga sukses. Terima kasih.

BUKA SOAL


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Menentukan Makna Kata/Istilah pada Teks Nonsastra | USBN SMP/MTs 2019/2020

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /