Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Identifikasi Teks Deskripsi Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas VII (Revisi)



ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang identifikasi dalam teks deskripsi lengkap dengan contohnya bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tugas tentang identifikasi dalam teks deskripsi lengkap dengan contohnya bahasa Indonesia. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami identifikasi dalam teks deskripsi lengkap dengan contohnya bahasa Indonesia.

Identifikasi Teks Deskripsi Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas VII (Revisi)
www.ilmubindo.com

A. Pengertian Identifikasi 

Identifikasi adalah bagian awal dalam struktur teks deskripsi. Bagian ini yang menjelaskan definisi atau identitas objek yang dideskripsikan. Identifikasi harus menarik sehingga mendorong pembaca untuk menyelesaikan bacaan sampai akhir. 

B. Bagian Identifikasi

Berikut ini adalah beberapa bagian identifikasi dalam teks deskripsi. Adapun bagian-bagian identifikasi dalam teks deskripsi adalah sebagai berikut.
  1. Pernyataan (statement) menggambarkan objek yang akan dideskripsikan.
  2. Pernyataan harus menarik dan mampu mengajak pembaca agar tertarik membaca deskripsi secara lengkap.
  3. Penggunaan kata sifat (adjektif) sangat membantu pendeskripsian objek.
C. Contoh Identifikasi

Di bawah ini beberapa contoh bagian identifikasi dalam teks deskripsi. Adapun beberapa contoh bagian identifikasi tersebut adalah sebagai berikut.

Identifikasi 1
Tenun songket Palembang merupakan kerajinan khas masyarakat Palembang. Kerajinan songket ini termasuk hasil industri rumah tangga. Para wanita biasa menekuni kerajinan tenun ini.

Identifikasi 2
Istana Kadriah merupakan cikal bakal lahirnya Kota Pontianak. Istana ini dibangun pada 1778. Istana ini terletak di pusat Kota Pontianak.

Identifikasi 3
Danau Tes merupakan nama danau terbesar di Bengkulu. Pesona alam di danau ini layak dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata. Menunggu waktu matahari terbit bisa menjadi awal menikmati keindahan danau.

Identifikasi 4
Longser merupakan salah satu jenis teater rakyat yang berkembang di daerah Priangan, khususnya di Bandung. Kesenian ini mengalami puncak kejayaan dalam kurun waktu 1920 sampai 1960 yang dikenal dengan Longser Bang Tilil. Tokoh yang dikenal pada zaman tersebut, yaitu Ateng Japar.

Identifikasi 5
Museum Fatahillah awalnya merupakan Balai Kota (Stadhuis) yang diresmikan oleh Gubernur Jenderal Abraham van Riebeeck pada tahun 1710. Gedung ini terletak di Kawasan Kota Tua, tepatnya di Jalan Taman Fatahillah Nomor 2, Jakarta Barat.

Identifikasi 6
Ruangan kelas VIII C terletak di lantai satu. Ruang kelasku itu bersebelahan dengan laboratorium. Ketika masuk ruang kelas VIII C kita akan melihat kursi-kursi dan meja-meja yang berjajar rapi.

Identifikasi 7
Pak Roni guru yang tegas dan disiplin di SMP Asisi. Pak Roni adalah guru yang ditakuti oleh siswa-siswanya. Beliau mengajari siswa-siswanya untuk disiplin dalam belajar.

Identifikasi 8
Gunung adalah salah satu kenampakan alam yang indah yang bisa juga dikatakan sebagai dataran disekitarnya. Pada umumnya gunung dapat mencapai tinggi hingga ratusan meter di atas permukaan laut.

Identifikasi 9
Namanya adalah kenzi, dia adalah kucing kesayanganku. Dia berjenis kelamin jantan yang saat itu aku temukan di pinggir jalan. Kenzi memiliki bulu yang halus dan berwarna cokelat belang putih. Bulu halusnya menyelimuti tubuhnya dari kepala sampai ke ekornya.

Identifikasi 10
SMA Negeri 1 Gadingrejo adalah salah satu sekolah menengah pertama yang ada di Kabupaten Pringsewu, Lampung. Lokasi SMA Negeri 1 Gadingrejo tepatnya berada di Jalan Tegalsari No. 1 Gadingrejo, Pringsewu, Lampung. SMA ini memiliki luas sekitar 2,89 Ha, terdiri dari 17 kelas, 1 ruang guru, 4 laboratorium, 1 perpustakaan, 1 UKS, 1 ruang koperasi siswa, 1 masjid, dan 1 aula besar.

D. Contoh Teks Deskripsi

Berikut ini adalah contoh teks deskripsi yang berjudul "Pantai Losari Makassar" dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII. Adapun contoh teksnya adalah sebagai berikut.

Pantai Losari Makassar

Pantai lokasi Makassar, adalah sebuah pantai yang sangat terkenal yang terletak di Makassar. Pantai yang sangat indah yang berada  Jalan Penghibur sebelah barat kota Makassar. Pantai ini adalah sarana berkumpul dan hiburan  bagi warga Makassar dan para wisatawan  untuk sekadar melepas penat dan sarana hiburan. Pantai ini ramai hampir di setiap waktu pagi, sore, dan malam hari

Identifikasi Teks Deskripsi Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas VII (Revisi)

Pantai Losari juga akan terlihat lebih indah ketika menjelang senja, Selain cuaca sudah tidak panas, fenomena matahari tenggelam atau sunrise pantai losari Makassar sangat indah. Banyak fotografer lokal maupun wisatawan yang mengabadikan keindahan sunrise di pantai losari Makassar ini.

Selain sunset yang indah, pantai losari Makassar terkenal akan  beraneka kuliner. Yang paling banyak dicari wisatawan adalah kuliner khas pantai losari yaitu pisang epe. Jajanan yang terbuat dari pisang mentah yang di geprek lalu dibakar dan disajikan dengan air gula merah yang di encerkan.

Secara administratif pantai losari ini berada di provinsi sulawesi selatan, Kota Makassar. rute untuk  menuju ke pantai Losari Makassar juga sangat mudah dan tidak rumit. Jika wisatawan datang dari bandara Hasanuddin, hanya membutuhkan waktu sekitar 50 menit untuk sampai di pantai losari. Jika wisatawan datang dari arah pelabuhan Soekarno-Hatta hanya butuh sekitar  20 menit untuk sampai di pantai losari

Bagi para wisaatwan yang datang dari luar Makassar, di sekitar pantai losari sudah banyak tersedia hotel dan penginapan. Bagi para backpacker, Hotel murah pantai losari juga banyak tersedia disana. Yang unik lagi di sepanjang pantai losari ini disediakan akses internet gratis tanpa login dan membayar.

Untuk masuk ke wisata pantai losari, wisatawan tidak di pungut biaya sepeserpun, pengunjung hanya perlu membayar uang untuk parkir. Toilet, kamar mandi dan mushola pun sudah tersedia di pantai losari. Untuk memanjakan perut wisatawan, di sana tersedia beraneka masakan khas Makassar, seperti pallu butung, jajanan pisang epek, es pisang ijo, menu sop konro dan coto makassar.

Yang banyak dicari oleh wisatawan di pantai losari Makassar adalah tulisan pantai losari. spot foto ini memang sangat terkenal, belum sampai di pantai losari jika belum berfoto di depan tulisan itu.

Sunset pantai losari yang begitu fenomenal adalah salah satu target bagi para wisatawan dan para fotografer. Dengan posisi pantai yang agak menjorok, maka posisi matahari tenggelam pas berada di laut, fenomena inilah yang menjadikan sunset di pantai losari begitu indah.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang identifikasi dalam teks deskripsi lengkap dengan contohnya bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik dalam memahami identifikasi dalam teks deskripsi lengkap dengan contohnya bahasa Indonesia. Selamat belajar dan semoga sukses. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Identifikasi Teks Deskripsi Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas VII (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /