Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Metode Klasifikasi Teks Eksposisi | Bahasa Indonesia Kelas VIII (Revisi)


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan materi tentang metode klasifikasi dalam teks eksposisi. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi tentang teks eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang metode klasifikasi dalam teks eksposisi.

Metode Klasifikasi Teks Eksposisi | Bahasa Indonesia Kelas VIII (Revisi)
www.ilmubindo.com

Berikut ini adalah penjelasan mengenai metode klasifikasi dalam teks eksposisi. Adapun penjelasan mengenai metode klasifikasi dalam teks eksposisi adalah sebagai berikut.

A. Pengertian Metode Klasifikasi

Metode klasifikasi adalah sebuah metode yang bersifat alamiah untuk menampilkan pengelompokan-pengelompokan sesuai dengan pengalaman manusia. Barang, hal, atau gagasan yang dikenal melalui pengalaman dapat tersusun secara sistematis. Klasifikasi merupakan suatu metode untuk menempatkan hal atau benda dalam satu kelompok sehingga dapat diketahui hubungan antarhal atau antarbenda dalam kelompok tersebut.

B. Pengertian Klasifikasi

Klasifikasi merupakan kata serapan dari bahasa Belanda, classificatie, yang sendirinya berasal dari bahasa Prancis classsification. Istilah ini menunjuk kepada metode untuk menyusun data secara sistematis atau untuk menyusun data secara sistematis atau menurut beberapa aturan atau kaidah yang telah ditetapkan.

C. Pengertian Klasifikasi KKBI

Di dalam KBBI, klasifikasi adalah penyusunan bersistem dalam kelompok atau golongan menurut kaidah atau standar yang ditetapkan. Secara harafiah bisa pula dikatakan bahwa klasifikasi adalah pembagian sesuatu menurut kelas-kelas. Menurut ilmu pengetahuan, klasifikasi adalah proses pengelompokkan benda berdasarkan ciri-ciri persamaan dan perbedaan.

D. Pengertian Paragraf Klasifikasi

Paragraf klasifikasi adalah salah satu pengembangan paragraf eksposisi sehingga paragraf ini bertujuan untuk memberikan informasi yang sangat jelas kepada para pembaca.

E. Ciri-Ciri Paragraf Klasifikasi
  1. Paragraf ini menggunakan ungkapan-ungkapan digolongkan, dibagi, dan diklasifikasikan dan lain-lain.
  2. Memiliki gaya penulisan yang bersifat informatif.
  3. Paragraf membagi/mengklasifikasikan/mengelompokkan suatu hal ke dalam dua atau lebih kelompok dengan berdasarkan acuan tertentu.
F. Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi

Di bawah ini adalah beberapa contoh teks eksposisi klasifikasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII revisi. Adapun beberapa contoh teks eksposisi klasifikasi adalah sebagai berikut.

Contoh 1

Sulawesi dahulu dikenal sebagai Celebes adalah sebuah pulau di Indonesia. Sulawesi merupakan salah satu dari empat kepulauan Sunda Besar, dan merupakan pulau terbesar kesebelas di dunia, yang terletak di sebelah timur Kalimantan, sebelah barat kepulauan Maluku, dan sebelah selatan Mindano dan kepulauan Sulu, Filipina. Di Indonesia, hanya pulau Sumatra, Kalimantan, dan Papua yang lebih besar luas wilayahnya, dan hanya Pulau Jawa an Sumatra yang memiliki populasi lebih banyak dari Sulawesi.

Bentang alam di Sulawesi mencakup empat semenanjung. Semenanjung Minahasa di bagian utara, semenanjung Timur, Semenanjung Selatan, dan Semenanjung Tenggara. Ada tiga teluk yang memisahkan semenanjung-semenanjung ini yaitu Teluk Tomini di antara Semenanjung Minahasa dan Timur, Teluk Tolo di antara Semenanjung Timur dan Tenggara, dan Teluk Bone di antara Semenanjung Selatan dan Tenggara. Selat Makassar membentang di sepanjang sisi barat pulau dan memisahkan pulau ini dari Kalimantan.

Contoh 2

Tanpa kita sadari ada tiga jenis teman yang ada di sekitar kita, kelompok yang pertama ialah teman di kala senang. Teman-teman yang ada di kala senang ini merupakan teman yang paling mudah untuk ci cari. Mereka sangat banyak jumlahnya di luar sana. Biasanya teman-teman semacam ini akan selalu berada dalam keadaan senang dan gembira, tetapi ketika kita sedang tertimpa musibah, mereka biasanya menghilang entah kemana.

Kelompok teman yang selanjutnya ialah teman dekat, teman dekat atau lebih dikenal dengan sahabat ialah teman yang benar-benar dekat dengan kita. Mereka selalu menghabiskan waktu bersama kita sehingga kita tahu segala sesuatu tentang mereka. Teman dekat akan selalu berada di samping kita dalam keadaan apapun, entah itu sedih ataupun bahagia. Namun, mencari teman dekatlah sangatlah sulit, perlu adanya proses untuk menemukannya. Oleh karena itu, memiliki satu teman dekat saja sudah cukup membahagiakan.

Kelompok teman yang terakhir adalah teman biasa, kelompok teman ini merupakan teman-teman yang hanya sebatas kenal dengan kita. Mereka tahu siapa kita dan kita tahu siapa mereka, tetapi kita tidak terlalu dekat dengannya. Teman biasa ini diibaratkan seperti dua mata pisau, di satu sisi mereka dapat menjadi saingan, tetapi di sisi lain mereka dapat menjadi sebuah tolak ukur atau motivator bagi kita. Teman biasa inilah yang lama kelamaan akan menjadi teman dekat atau teman dikala senang.

G. Contoh Teks Eksposisi

Di bawah ini adalah satu contoh teks eksposisi yang berjudul "Fakta Hukum di Indonesia" dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII. Adapun contoh teks eksposisi tersebut adalah sebagai berikut.


Fakta Hukum di Hukum

Semestinya hukum di negara Indonesia sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 sudah secara tegas mengatur hukuman untuk para pelaku tindak kejahatan. 

Metode Klasifikasi Teks Eksposisi | Bahasa Indonesia Kelas VIII (Revisi)

Akan tetapi pada faktanya kerapkali terjadi ketidakadilan terhadap hukum yang bisa merugikan banyak orang. Hukum bisa saja tegasm akan tetapi menjadi mendadak tumpul ketika dihadapkan dengan uang. Itulah yang terjadi pada saat ini.

Bukan menjadi rahasia umum jika para koruptor di Indonesia menerima hukuman yang tingkatnya terbilang sangat ringan, bahkan ada pula koruptor yang mendapatkan tunjangan berupa fasilitas yang sangat ewah padahal sudah dianggap merugikan masyarakat dan negara.

Hukum di Indonesia dibilang hanya tegas dihadapan rakyat kecil. Contohnya kasus yang pernah menimpa Nenek Asyani. Kasusnya hanya karena diduga mencuri beberapa kayu. Ia terancam dengan hukuman selama kurang lebih 5 tahun penjara. Sungguh sangat ironis dan tidak adil. Apabila dibandingkan dengan hukuman para koruptor yang tidak sebanding dengan apa yang telah diperbuatnya terhadap negara.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian klasifikasi dalam teks teks eksposisi lengkap dengan contohnya. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi dalam teks eksposisi. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Metode Klasifikasi Teks Eksposisi | Bahasa Indonesia Kelas VIII (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /