Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Soal Membuat Judul | USBN Bahasa Indonesia Kelas 9 (USBN 2019/2020)



ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 tahun ajaran 2019/2020 terbaru dengan indikator soal anak didik mampu membuat judul dalam sebuah teks. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 tahun ajaran 2019/2020 terbaru dengan indikator soal anak didik mampu membuat judul dalam sebuah teks. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 tahun ajaran 2019/2020 terbaru dengan indikator soal anak didik mampu membuat judul dalam sebuah teks.

Contoh Soal Membuat Judul | USBN Bahasa Indonesia Kelas 9 (USBN 2019/2020)
www.ilmubindo.com

1. Perhatikan kutipan teks cerita fantasi berikut!
Harry Potter mendengkur keras. Dia sudah duduk di kursi dekat jendela kamarnya selama hampir empat jam, menatap ke luar jalan yang gelap, dan akhirnya tertidur dengan sebelah pipinya menempel di kaca jendela, kaca matanya miring dan mulutnya terbuka lebar. Uap hangat yang ditinggalkan napasnya di jendela berkilau kena cahaya jingga lampu jalan di luar. Lampu artifisial itu membuat wajahnya kehilangan warna sehingga dia tampak pucat di bawah rambut hitamnya yang awut-awutan.
Bermacam barang dan sampah bertebaran di dalam kamar itu. Bulu burung hantu, bagian tengah apel, dan bungkus permen berserakan di lantai. Beberapa buku mantra tergeletak sembarangan di antara jubah-jubah yang teronggok begitu saja di atas tempat tidurnya dan berbagai surat kabar bertebar kacau dalam sorotan cahaya di mejanya. Salah satu kepala berita surat kabar tersebut berbunyi sebagai berikut.
Desas-desus masih terus beredar tentang gangguan misterius di Menterian Sihir baru-baru ini. Dalam peristiwa itu Dia yang Namanya Tak Boleh Disebut sekali lagi terlihat.
"Kami dilarang bicara soal itu, jangan tanya apa-apa kepada saya," kata salah seorang Obliviator yang gelisah.

Judul yang tepat penggalan cerita di atas adalah ....
A. Harry Potter dan Pangeran Berdarah Campuran Bagian Mau Tak Mau
B. Pangeran Kodok dan Ratu Bisu
C. Malin Kundang
D. Putri Salju

2. Perhatikan kutipan teks cerita fantasi berikut!
Alkisah, Kerajaan Wisnuloka di pimpin oleh Dewa Wisnu. Kerajaan Wisnuloka dihuni oleh para dewa dan bidadari. Salah satu bidadari itu bernama Dewi Ratih atau Dewi Bulan. Kerajaan Wisnuloka sering mendapat ancaman dari para raksasa yang bermukim di bumi Balidwipa. Raksasa-raksasa itu tidak saja menakutkan manusia. Akan tetapi, para dewa pun takut. Ketakutan para Dewa itu disebabkan oleh tindakan keji para raksasa. Banyak dewa terbunuh dan ratusan bidadari diculik.
Di antara para raksasa itu, yang paling menakutkan Kala Rau. Ia bertubuh besar dan kekar. Wajahnya sangat menyeramkan. Ia pun sangat sakti. Kesaktiannya kadang-kadang melebihi kesaktian para dewa.
Ancaman yang paling menakutkan dari Kala Rau dirasakan oleh Dewa Wisnu.  Kala Rau mengancam akan menyerang Kerajaan Wisnuloka. Kala Rau kecewa karena cintanya ditolak oleh Dewi Ratih atau Dewi Bulan.
Dewa Wisnu berpikir panjang. Ia harus menggagalkan ancaman Kala Rau. Salah satu jalan yang dapat ditempuh dengan membagikan tirta amerta (air kehidupan) kepada para dewa. Tirta amerta itu dapat menghindarkan para dewa dari kematian saat Kala Rau menyerang Kerajaan Wisnuloka. Dewa Wisnu lalu mengutus Dewa Kuwera, dewa utusan di Kerajaan Wisnuloka.

Judul yang tepat untuk penggalan cerita fantasi di atas adalah ....
A. Bintang Malam
B. Gerhana Bulan
C. Gerhana Matahari
D. Malam Senja

3. Perhatikan kutipan teks inspirasi berikut!
Pada suatu hari di sebuah perguruan silat, seorang murid bertanya kepada gurunya. Murid ini adalah murid terbaik dan paling disayang oleh sang guru. "Guru, sekarang saya sudah makin dewasa, tolong ajarkan saya satu ilmu yang baru."
Lalu gurunya berkata, "Hmm, besok pagi kamu bertemu dengan saya ya, di ladang jagung di tepi hutan sebelah sana. Saya akan ajarkan kamu satu ilmu baru." Sang murid pun setuju saja untuk bertemu dengan gurunya.
Keesokan harinya, sang murid bertemu dengan gurunnya di tepi hutan, di mana ada ladang jagung yang sangat luas. Sepanjang mata memandang hanya ada ladang jagung. Si murid bertanya, "Guru, apa yang akan kita lakukan di sini?"
Kata gurunya, sekarang kamu saya berikan tugas, kamu masuk ke ladang jagung, dan kamu pilih 1 jagung yang terbaik untuk dibawa pulang. Syarat pertama adalah, kamu sudah jalan, kamu tidak boleh balik lagi dan waktu kamu cuma 1 jam.
Kata muridnya, baik guru, saya akan mencari jagung terbaik yang paling besar, yang paling segar, yang saya benar-benar suka. Lalu dimulailah jalan, dia melihar satu per satu jagung. Sampai dia melihat satu jagung yang agak besar. Lalu dia bergumam dalam hati. "Wah apa ini jagungnya ya? Tapi saya cuma boleh bawa satu jagung, jangan-jangan di depan sana ada jagung yang lebih besar. Ya sudahlah, yang di sana saja, pasti di sana ada jagung lain yang lebih besar.
Lalu dia berjalan dan mencari lagi, tak lama kemudian ia menemukan yang lebih besar. Lalu dia kembali bergumam, "Nah ini, benar ternyata, ada yang lebih besar. Tapi, jangan-jangan di sana nanti ada yang lebih besar lagi."

Judul yang tepat untuk penggalan teks cerita inspirasi di atas adalah ....
A. Jodoh dari Ayah
B. Kucinta Dia
C. Mencari Jodoh yang Terbaik
D. Selalu bersama

4. Perhatikan kutipan penggalan contoh teks tanggapan berikut!
Gaya berpakaian remaja saat ini tidak sebanding dengan gaya berpakaian remaja terdahulu. Gaya berpakaian remaja saat ini cenderung mengikuti tren masa kini. Tentu saja tren gaya berpakaian orang barat. Remaja mengikuti cara berpakaian orang barat dari berbagai media, seperti majalah, televisi, dan situs jejaring sosial. Remaja pun belum mampu menyaring budaya tersebut dengan baik. Pengaruh negatif muncul pada diri generasi muda. Banyak remaja mengecat rambut dengan remaja laki-laki mengenakan anting. Sementara itu, remaja putri menggunakan pakaian memperlihatkan bagian tubuh. Padahal, cara berpakaian tersebut tidak sesuai dengan budaya Indonesia. Namun, cara berpakaian tersebut masih tetap diikuti para remaja Indonesia. Hanya sedikit remaja mau melestarikan budaya bangsa dengan mengenakan pakaian sopan sesuai dengan kepribadian bangsa.
Sebagian besar remaja selalu mengubah penampilan mereka sesuai dengan perkembangan zaman. menurut mereka, penampilan adalah nomor satu. Jika kita lihat, remaja Indonesia mengenakan pakaian modern dan mengikuti gaya berpakaian orang barat. Sebagian besar dari mereka melupakan budaya kita. Bagi mereka berpakaian bukan melindungi tubuh dari panas, dingin, dan gigitan serangga, melainkan terkait dengan status sosial dan identitas.

Judul yang tepat penggalan cerita di atas adalah ....
A. Gaya Pakaian Remaja
B. Kenakalan Remaja
C. Hidup Hura-Hura
D. Remaja Masa Kini

5.  Perhatikan kutipan teks berikut!
Salah satu kewajiban kita, sebagai generasi muda, adalah melestarikan tari tradisional. Saat ini banyak remaja kurang tertarik terhadap tari tradisional. Mereka lebih suka tari modern (modern dance).Sesungguhnya tari tradisional tidal kalah bagus dari tari modern. Tari tradisional sarat nilai budaya. Namun, kesadaran terhadap keindahan tari tradisional jauh dari benak mereka. Mereka justru dengan dengan tari modern yang populer saat ini. Tarian modern tidak mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia.Dengan meniru kebudayaan bangsa lain, ciri khas kebudayaan Indonesia luntur. Seharusnya sebagai penerus bangsa, kita dapat membanggakan kebudayaan sendiri kepada seluruh dunia. Kita dapat menunjukkan kepada bangsa lain bahwa tari tradisional Indonesia sangat beragam.

Judul yang tepat kutipan teks di atas adalah ....
A. Hidup dalam Kebudayaan
B. Melestarikan Kebudayaan Modren
C. Melestarikan Alam kita
D. Melestarikan Kebudayaan Tradisional

6. Perhatikan kutipan teks berikut!
Teknologi otomotif terus berkembang seiring berjalannya waktu. Pengaplikasian teknologi dalam dunia otomotif semakin nyata. Teknologi tersebut mampu membawa perkembangan dunia otomotif agar mobilitas cerdas. Inilah yang diharapkan dari terselenggaranya acara pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 di Jakarta. Beberapa produsen menyulap mesin-mesin mobil menjadi lebih bersahabat dengan lingkungan. Berbagai macam teknologi telah dikembangkan oleh produsen dan diaplikasikan dalam pameran yang ditampilkan, antara lain Teknologi Earth Dream Technology dari Honda, Teknologi SkyActiv dari Mazda, Teknologi Ecoboost dari Ford, dan Teknologi Hybrid dari Toyota, Mitsubishi, dan Nissan. Karena itu, percayalah dunia otomotif tidak akan berpangku tangan dalam memperbaiki dunia agar jauh lebih baik lagi.

Pada artikel ini, penulis menggunakan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Penulis juga membawa langsung pembaca ke dalam inti pembahasan sehingga tekesan tidak berbelit-belit. Sayangnya pada tulisan ini, penulis tidak menyertakan gambar detail dari setiap contoh yang diberikan. Padahal, dengan menyertakan gambar, pembaca akan lebih mudah memahami dan mendapatkan gambaran yang lebih jelas. Dalam tulisan ini juga tidak disertakan arti istilah-istilah teknologi otomotif yang bagi pembaca umum tentu akan sulit memahaminya. Sangat disayangkan juga karena penulis tidak membahas keunggulan dan kelemahan teknologi baru tersebut.
Secara umum, artikel ini tentu sangat bermanfaat bagi pembaca, terutama yang menggemari otomotif. Ditulisnya artikel ini dengan tampilan serta bahasa yang ringan akan membuat isi artikel jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Pandangan positif juga ditunjukkan oleh penulis terhadap perkembangan teknologi dari setiap produsen yang berbeda-beda itu.

Judul yang tepat penggalan teks di atas adalah ....
A. Teknologi Yang Mengubah Dunia
B. Teknologi Yang Mengubah Bumi
C. Teknologi Yang Mengubah Manusia
D. Teknologi Yang Mengubah Segalanya   

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 tahun ajaran 2019/2020 terbaru dengan indikator soal anak didik mampu membuat judul dalam sebuah teks. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 tahun ajaran 2019/2020 terbaru dengan indikator soal anak didik mampu membuat judul dalam sebuah teks. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

BUKA SOAL

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Membuat Judul | USBN Bahasa Indonesia Kelas 9 (USBN 2019/2020)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /