Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Teks Observasi terhadap Hal atau Objek | Bahasa Indonesia Kelas VII (Revisi)


Daftar Isi [Tampil]

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh teks hasil observasi terhadap hal atau objek dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII (tujuh) revisi terbaru kurikulum 2013. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh teks hasil observasi terhadap hal atau objek dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami dan membuat contoh teks hasil observasi terhadap hal atau objek dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang diberikan oleh Bapak dan Ibu Guru di sekolah. Adapun contoh teksnya adalah sebagai berikut.

Lalat Buah Penyerang Tanaman

Contoh Teks Observasi terhadap Hal atau Objek | Bahasa Indonesia Kelas VII (Revisi)

Pada musim hujan, sering kali kita menemui buah-buahan yang rontok sebelum matang. Kadang kala buah berwarna kuning dan keriput, terlihat bintik hitam kecil pada bagian kulit buah. Hal tersebut merupakan beberapa gejala serangan lalat buah (Bartrocera sp, dulunya Dacus dorsalis). Lalat buah bisa menyerang banyak sekali tanaman sehingga sulit sekali bisa menyerang banyak sekali dikendalikan. Contoh tanaman yang biasa diserang lalat buah adalah nangka, belimbing, mangga, tomat, cabai, lengkeng, melon, pepaya, dan mentimun. Lalat buah memiliki banyak sekali spesies, yakni sekitar 60 jenis.

Lalat buah biasanya berukuran 1-6 mm, berkepala besar, berleher sangat kecil. Warnanya sangat bervariasi mulai kuning cerah, oranye, hitam, cokelat, atau kombinasinya. Disebut tephritidae (berarti bor) karena terdapat ovipositor pada lalat betina yang berfungsi untuk memasukkan telur ke buah.

Buah yang terserang ditandai oleh lubang titik hitam pada bagian pangkalnya, tempat serangga dewasa memasukkan telur. Umumnya telur diletakkan pada buah yang agak tersembunyi dan tidak terkena sinar matahari langsung, pada buah yang agak lunak dengan permukaan agak kasar. Larva membuat saluran di dalam buah dengan memakan daging buah serta menghisap cairan buah. Hal ini dapat menyebabkan infeksi, buah menjadi busuk, dan biasanya jatuh ke tanah sebelum larva berubah menjadi pupa.

Sumber: gerbangpertanian.com



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Teks Observasi terhadap Hal atau Objek | Bahasa Indonesia Kelas VII (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /