Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Pengertian dan Jenis-Jenis Teks Biografi | Bahasa Indonesia SMA Kelas X (Revisi)


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian dan jenis-jenis teks biografi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X (sepuluh) revis terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian dan jenis-jenis teks biografi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian dan jenis-jenis teks biografi dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
 
Pengertian dan Jenis-Jenis Teks Biografi | Bahasa Indonesia SMA Kelas X (Revisi)

A. Pengertian Teks Biografi

Biografi berbicara tentang riwayat hidup seseorang. Istilah biografi berasal dari bahasa Yunani, biographia. Bahasa tersebut lalu diserap ke dalam bahasa Latin dan Prancis sekitar abad ke-17. Istilah biografi merupakan gabungan dari kata bios yang berarti hidup dan graphein yang berarti menulis. Berdasarkan istilah tersebut, biografi dapat diartikan "tulisan tentang hidup".
 
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tanggal lahir atau mati dan data pekerjaan seseorang. Dalam biografi dijelaskan secara lengkap kehidupan tokoh sejak kecil, riwayat pendidikan, karier, perjuangan, bahkan sang tokoh meninggal dunia dipaparkan dalam biografi.

B. Jenis-Jenis Teks Biografi

Ada beberapa jenis teks biografi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA. Adapun jenis-jenis teks biografi tersebut adalah sebagai berikut.
 
1. Biografi berdasarkan sisi penulis
  • Autobiografi, merupakan riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh tokoh tersebut.
  • Biografi, merupakan bentuk teks yang berisi kisah hidup tokoh dalam mengarungi kehidupannya yang ditulis oleh orang lain.
2. Biografi berdasarkan izin penulisan
  • Authorized biography, merupakan biografi yang penulisannya mendapatkan izin atau sepengetahuan tokoh yang akan ditulis cerita hidupnya.
  • Unauthorized biography, merupakan biografi yang penulisannya tanpa seizin dan sepengetahuan tokoh yang akan ditulis kisah hidupnya. Biasanya penulisan unauthorized biography terjadi karena tokoh tersebut telah wafat.

3. Biografi berdasarkan isinya

  • Biografi perjalanan hidup. Biografi ini berisi perjalanan hidup lengkap seorang tokoh atau diambil dari bagian-bagian yang dianggap memunyai kesan.
  • Biografi perjalanan karier. Biografi ini berisi perjalanan karier seorang tokoh mulai dari awal hingga karier yang dilakukan pada saat ini atau perjalanan karier dalam mencapai sebuah kesuksesan tertentu.
4. Biografi berdasarkan persoalan yang dibahas
  • Biografi politik. Penulisan riwayat tokoh suatu negara dilihat dari sudut pandang politik. Biografi tersebut mendapatkan bahan dari kumpulan berbagai riset. Akan tetapi, biografi politik biasanya tidak lepas atau sarat akan kepentingan penulis atau tokoh yang minta untuk ditulis.
  • Biografi intelektual. Biografi ini hampir sama dengan biografi politik, persamaannya adalah kumpulan bahannya yang didapatkan dari berbagai riset. Namun, penulisannya dituangkan dalam gaya bahasa ilmiah.
  • Biografi jurnalistik. Penulisan biografi ini didapatkan dari hasil wawancara dengan tokoh yang akan ditulis atau tokoh yang menjadi rujukan sebagai bahan pendukung cerita.
5. Biografi berdasarkan penerbit
  •  Buku sendiri. Penulisan biografi tokoh yang dijadikan buku oleh penerbit dengan biaya produksi mulai dari penulisan, percetakan, dan pemasaran ditanggung sendiri. Penulisan biografi ini bertujuan untuk dijual dipasaran atau mendapatkan perhatian publik.
  • Buku subsidi. Penulisan biografi tokoh yang bianya produksinya ditanggung oleh sponsor. Biasanya biografi seperti jika dilihat dari segi komersil tidak akan laku ataupun jika laku harga jualnya terlalu tinggi sehingga tidak terjangkau.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian dan Jenis-Jenis Teks Biografi | Bahasa Indonesia SMA Kelas X (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /