Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Soal, Kunci Jawaban, dan Pembahasan Kisi-Kisi UN 2018: Menunjukkan dan Memperbaiki Kesalahan Penggunaan Kata, Kalimat, dan Kepaduan Paragraf

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan kepada kalian Contoh Soal, Kunci Jawaban dan Pembahasan Kisi-Kisi UN 2018: Menunjukkan dan Memperbaiki Kesalahan Penggunaan Kata, Kalimat, dan Kepaduan Paragraf. Pada bagian ini kalian hanya bisa mempelajari contoh soalnya. Jika kalian ingin memahami materinya lebih lanjut silakan kalian membukanya di bagian 1. Semoga bermanfaat.

Contoh Soal, Kunci Jawaban, dan Pembahasan Kisi-Kisi UN 2018: Menunjukkan dan Memperbaiki Kesalahan Penggunaan Kata, Kalimat, dan Kepaduan Paragraf

1. Cermati paragraf berikut!
(1) Perusahaan  merupakan sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang produksi barang ataupun jasa. (2) Barang dan jasa tersebut untuk memenuhi kebutuhan kolega dan pelanggan. Sebagai sebuah organisasi, perusahaan harus bersaing dengan perusahaan lainnya. (3) Agar dapat tampil sebagai pemenang, menejemen harus memiliki keunggulan. (4) Salah satu keunggulan tersebut adalah keunggulan komparatif yang tercermin pada berbagai pelayan yang diberikan. 

Kalimat yang menggunakan kata tidak tepat dalam paragraf tersebut adalah kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Kunci Jawaban: C
Pembahasan 🐰 Dalam kalimat nomor (3) paragraf tersebut terdapat penggunaan kata tidak baku. Kata tersebut adalah menejemen. Kata menejemen seharusnya diperbaiki menjadi manajemen. Sementara itu, kata bercetak miring lainnya sudah tepat digunakan dalam kalimat.

2. Cermati paragraf berikut!
(1) Potensi wilayah bahari telah menjadi penggerak ekonomi di Indonesia. (2) Penyebabnya adalah pariwisata telah mampu menggerakkan banyak sektor ekonomi lainnya. (3) Di sekitar tempat wisata biasanya sering selalu dibarengi dengan pertumbuhan industri perhotelan dan rumah makan. (4) Selain itu, berkembang pula industri jasa, seperti pemandu wisata, transportasi dan persewaan.

Kalimat tidak efektif dalam paragraf tersebut ditunjukkan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Kunci Jawaban: C
Pembahasan 🍐 Dalam kalimat nomor (3) paragraf tersebut terdapat penggunaan kalimat tidak efektif. Kalimat tersebut seharusnya diperbaiki menjadi Disekitar tempat wisata biasanya selalu dibarengi pertumbuhan industri perhotelan dan rumah makan.

3. Cermatilah  kalimat  berikut!
Badu harus bertalian  orang yang bersangkutan jika ingin mengetahui perdebatannya lebih jelas lagi.

Perbaikan kata tepat untuk mengganti kata bercetak miring pada kalimat tersebut adalah ....
A. menghampiri, perselisihannya
B. berkaitan, pembahasannya
C. bersambung, perbincangannya
D. menghubungi, persoalannya

Kunci Jawaban: D
Pembahasan 🍒 Penggunaan kata bertalian dan perdebatannya dalam kalimat tersebut tidak tepat. Pilihan kata yang tepat untuk memperbaiki kalimat tersebut terdapat pada pilihan jawaban D, yaitu menghubungi dan persoalannya.

4. Cermati kalimat berikut!
Setiap orang dianjurkan mengomsumsi makan makanan yang cukup mengandung energi agar supaya dapat beraktivitas produktif.

Perbaikan tepat kalimat tidak efektif di atas adalah ....
A. Setiap orang dianjurkan mengomsumsi makanan yang cukup mengandung energi agar supaya dapat beraktivitas produktif
B. Setiap orang dianjurkan makan makanan yang cukup mengandung energi agar supaya dapat beraktivitas produktif
C. Setiap orang dianjurkan makan makanan yang cukup mengandung energi agar dapat beraktivitas produktif
D. Setiap orang dianjurkan mengomsumsi makan makanan yang cukup mengandung energi agar mereka dapat beraktivitas produktif

Kunci Jawaban: C
Pembahasan 🍤 Kalimat dalam soal tersebut tidak efektif. Ketidakefektifan tersebut karena penggunaan kata hubung agar dan supaya. Pemakaian gabungan kata hubung tersebut memiliki fungsi sama yaitu menandai ' tujuan' dan 'harapan'. Agar menjadi kalimat efektif salah satu kata hubung tersebut dihilangkan. Selain itu, pemakaian kata mengomsumsi dan makan memiliki arti sama. Oleh karena itu, salah satu kata tersebut harus dihilangkan. Jadi, perbaikan tepat kalimat tersebut terdapat pada pilihan jawaban C.

5. Bacalah paragraf berikut!
Masyarakat merumuskan sejumlah norma sosial sebagai pedoman bertingkah laku. Bahkan, agar semua warga mematuhi norma sosial, masyarakat juga menyepakati sangsi bagi mereka yang melanggar norma. Beberapa tindakan pelanggaran norma membuahkan hukuman bersifat ringan bagi pelakunya.

Penggunaan kata sangsi dalam paragraf tersebut karena ....
A.  kata tersebut tidak sesuai dengan konteks kalimat
B. kata tersebut tidak sesuai dengan KBBI
C. kata tersebut tidak baku
D. kata tersebut memiliki makna ambigu

Kunci Jawaban: A
Pembahasan 🐊 Penggunaan kata sangsi dalam paragraf tersebut salah karena penggunaan kata tersebut tidak sesuai dengan konteks kalimat. Kata sangsi seharusnya diganti kata sanksi. Kata sangsi memiliki arti keraguan, sedangkan sanksi memiliki arti hukuman. Jadi, alasan tepat terdapat pada pilihan jawaban A.

6. Bacalah paragraf berikut!
Kelapa banyak diusahakan oleh masyarakat secara turun-temurun. Hampir semua bagian tanaman kelapa dapat dimanfaatkan dan mampu memberikan nilai tambah secara ekonomi. Salah satu bagian dari buah kelapa yang dapat di manfaatkan dengan diolah adalah air kelapa. Air kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan nata de coco yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Proses pembuatannya yang sederhana dapat diusahakan dalam skala kecil ini dapat menyerap tenaga kerja dan mendapatkan tambahan penghasilan.

Kata bercetak miring dalam paragraf tersebut salah karena ....
A. kalimat tersebut tidak baku
B. kalimat tersebut tidak efektif
C. kalimat tersebut tidak padu
D. kalimat tersebut tidak koheren

Kunci Jawaban: B
Pembahasan 🍑 Kalimat bercetak miring tersebut salah karena penggunaan kalimat tersebut tidak efektif. Kalimat tersebut seharusnya diperbaiki menjadi kalimat efektif. Perbaikan kalimat tersebut agar efektif adalah Salah satu bagian kelapa dapat dimanfaatkan adalah air kelapa.

7. Bacalah paragraf berikut!
Keberhasilan usaha tani tidak hanya dlihat dari keberhasilan berproduksi yang ditunjukkan dengan besarnya produksi persatuan luas. Usaha tani dikatakan berhasil jika pelaku juga menjual hasil produksinya dengan harga tinggi untuk memperoleh keuntungan. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang lebih baik karena harga hasil pertanian dapat berubah-ubah sesuai kondisi pasar. Dengan demikian, lembaga pemasaran merupakan badan hukum atau perorangan yang bergerak dalam jasa pemasaran.

Paragraf tersebut terdapat kesalahan karena ....
A. penggunaan kalimat tidak efektif
B. penggunaan kalimat tidak baku
C. penggunaan kalimat berlebihan
D. penggunaan kalimat tidak baku

Kunci Jawaban: D
Pembahasan 🍏 Paragraf tersebut memiliki kalimat tidak padu. Kalimat terakhir paragraf tersebut tidak menunjukkan kepaduan paragraf. Kalimat terakhir paragraf tidak berhubungan dengan kalimat-kalimat sebelumnya.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+