Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Kumpulan 5+ Tata Cara Debat | Bahasa Indonesia Kelas X


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan bahan ajar mata pelajaran bahasa Indonesia kelas sepuluh materi pokok pembelajaran tata cara debat. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dan anak didik dalam mencari referensi pembelajaran dan tugas-tugas seputar mata pelajaran bahasa Indonesia kelas sepuluh materi pokok pembelajaran tata cara debat. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi tata cara debat yang telah diajarkan.

Kumpulan 5+ Tata Cara Debat | Bahasa Indonesia Kelas X

Tata Cara Debat

Debat memiliki tata cara agar penyampaian gagasan atau pendapat dari tiap-tiap tim dapat berjalan lancar. Pada dasarnya sebuah debat dilaksanakan dengan tata cara hampir sama. Semua debat dapat dilaksanakan jika ada masalah yang harus dibicarakan atau diselesaikan. Berikut ini dijelaskan proses pelaksanaan debat.

Pembukaan oleh moderator

Dalam rahap pembukaan, pemimpin debat atau moderator memperkenalkan diri, menjelaskan mosi atau topik yang akan diperdebatkan, memperkenalkan tiap-tiap tim, dan membacakan tata tertib debat.

Penyampaian pernyataan tiap-tiap tim terhadap mosi 

Pembicara pertama tiap-tiap tim menyampaikan pendapatnya tentang mosi, apakah menentang atau menyetujui. Penyampaian pernyataan ini dilakukan secara bergantian tanpa adanya tanya jawab atau interupsi dari tim lawan.

Pelaksanan inti debat

Pada bagian ini setiap tim diberi kesempatan untuk menyampaikan argumen atau pendapat. Selain itu, setiap timj juga diberi kesempatan menyanggah argumen tim lawan. Tim yang didebat harus mempertahankan pendapatnya dengan menyampaikan argumen yang mendukung.

Simpulan

Pada bagian ini setiap tim menyampaikan simpulannya terkait argumen-argumen  yang telah disampaikan pembicara-pembicara sebelumnya. Simpulan biasanya disampaikan oleh pembicara keempat tiap-tiap tim.

Penutup

Setelah setiap tim menyampaikan simpulannya, moderator akan menutup debat. Moderator akan menyampaikan ringkasan, bukan simpulan karena dalam sebat sering terjadi kesepakatan kedua belah pihak. Dalam perlombaan debat, setiap sesi atau bagian mendapat jatah waktu. Jatah waktu tersebut berbeda-beda untuk tiap perlombaan, misalnya ada yang menetapkan 5-7 menit setiap pembicara.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan 5+ Tata Cara Debat | Bahasa Indonesia Kelas X

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /