Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Pengertian dan Langkah-Langkah Menulis Teks Tanggapan | Bahasa Indonesia SMP Revisi



Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan pengertian dan langkah-langkah menulis teks tanggapan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga materi yang admin bagikan ini bermanfaat buat anak didik dalam mengerjakan tugas tentang teks tanggapan. Dan harapannya pengertian dan langkah-langkah yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga sukses.

Pengertian dan Langkah-Langkah Menulis Teks Tanggapan | Bahasa Indonesia SMP Revisi
www.ilmubindo.com

Teks tanggapan adalah jenis teks yang berisi tanggapan terhadap kualitas suatu karya. Teks ini ditulis untuk menarik minat masyarakat agar mereka turut mengapreasi karya yang dibahas itu. Arti lain dari teks tanggapan adalah karangan berisi tanggapan terhadap masalah. Tanggapan merupakan kritikan, dukungan, pernyataan setuju atau tidak setuju tentang baik buruknya suatu hal disertai alasan logis. 

Aspek-aspek yang dapat dijadikan bahan penilaian dalam teks tanggapan adalah sebagai berikut:

1. Menginformasikan identitas dan latar belakang karya
Kita dapat mulai dengan mengemukakan tema dari karya itu. Apa sebenarnya yang ingin disampaikan dalam film, drama, atau buku itu. Dengan demikian, kalian dapat menyampaikan ringkasan atau sinopsisnya. Deskrips mengenai karya itu bukan hanya menyangkut isinya, tetapi juga lembaga atau badan yang menanganinya. Jika karya itu berupa buku, kita perlu menyebutkan nama penerbit, tempat/waktu diterbitkan, ketebalan, dan format penyajiannya.

2. Menentukan jenis karya
Pembaca tidak selalu memunyai selera yang sama. Berkaitan dengan buku, misalnya, ada yang senang dengan komik, ada yang sedang dengan cerita detektif, ada pula yang lebih senang dengan roman, biografi, dan sebagainya. Pasti terdapat perbedaan di antara pembaca, namun masih terdapat suatu persamaan umum, yaitu mereka semua ingin mengetahui sesuatu jika ada buku baru diterbitkan. Dengan kata lain, kita harus mengklasifikasi buku tersebut. Dengan memasukkan ke dalam kelas buku tertentu.

3. Menganalisis isi, struktur, dan kaidah teks
Setelah memperkenalkan identitas, selanjutnya adalah menjelaskan struktur atau organisasinya. Struktur karya adalah hubungan antara satu bagian dengan bagian yang lain. Misalnya, kalau berupa buku, apakah hubungan antara bab yang satu dengan yang lainnya tersusun dengan jelas dan logis. Hal lainnya adalah kaidah bahasanya. Barang kali ada yang berpendapat bahwa yang penting itu isinya, bahasa tidak penting. Akan tetapi, bagaimana mungkin pembaca dapat memahami sesuatu bila bahasa yang digunakan tidak dapat dimengerti.

4. Memberikan penilaian
Seorang penulis teks tanggapan harus berusaha dengan tepat menunjukkan keunggulan suatu karya dengan memberikan penilaian langsung, dengan memberi kutipan-kutipan yang tepat dan menunjukkan pertalian yang kompak antara bagian-bagiannya. Sebuah buku harus dinilai secara keseluruhan. Suatu bagian boleh dipakai sebagai ilustrasi keunggulannya. Namun, satu bagian saja yang sangat jelek jangan dipakai sebagai ilustrasi bahwa seluruh buku adalah demikian.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian dan langkah-langkah menulis teks tanggapan. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami lebih jelas tentang teks tanggapan dalan pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian dan Langkah-Langkah Menulis Teks Tanggapan | Bahasa Indonesia SMP Revisi

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /